Rujak Juhi yang Kini Sulit Dicari

Minggu, 23 Mei 2021 11:10 WIB

Share
Rujak Juhi yang Kini Sulit Dicari
Rujak Juhi

 

Spiritdepok. Poskota.co.id - Seiring banyaknya tempat makan yang menawarkan kuliner kekinian nan modern, maka tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut juga sangat berpengaruh pada eksistensi dari kuliner tradisional. Semakin hari, makanan tradisional semakin tersingkirkan dan sulit untuk dijumpai karena hadirnya kuliner kekinian yang lebih menarik perhatian.

 

Salah satu kuliner yang mulai langka adalah Rujak Juhi atau Mie Juhi, kuliner asal Betawi yang berbahan dasar sotong ini sudah sangat susah untuk dijumpai beberapa tahun belakangan ini. Namun, ada beberapa daerah yang masih bisa kita ketemui pedagang Rujak Juhi di Jakarta 

Isi dari Rujak Juhi adalah, Mie dan biasanya Mie yang digunakan adalah Mie Kuning yang  digunakan untuk Soto Mie Bogor. Kemudian selain Mie Kuning ada juga irisan Kentang rebus lalu ditambah potongan ketimun. Nah ini dia yang khas dari kuliner Rujak Juhi yaitu irisan ikan Sotong, sejenis Cumi atau mungkin masih dalam satu keluarga dengan Spiesies Cumi.

Ada teknik khusus agar Juhi ini tidak keras ketika dimakan, yaitu ketika dimasak tidak boleh terlalu lama. Setalah dimasak Juhi digiling agar tipis dan ini juga membuat Juhi tidak keras.

Setelah bahan bahan tersebut sudah disatukan dalam piring, yang terakhir tuangkan saus kacang mirip seperti bumbu gado-gado. Nah siaplah panganan Rujak Juhi untuk disantap.

Reporter: Admin Spiritdepok
Editor: Admin Spiritdepok
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar