Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022 Santri Primago Angkatan 4 & Silaturahmi Walisantri Pesantren Modern Primago

Selasa, 31 Mei 2022 18:11 WIB

Share
Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022 Santri Primago Angkatan 4 & Silaturahmi Walisantri Pesantren Modern Primago

Spiritdepok.poskota.co.id - Sekembalinya santriwati ke pondok usai liburan panjang, bertepatan pada hari Ahad (29/5) para santri Pesantren Modern Primago mulai berdatangan ke kampus primago putra yang berlokasi di Kawasan Jl. Tupai Raya PGA No.1, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok.

Pesantren Modern Primago di bawah naungan Yayasan Pendidikan Primago Indonesia (YPPI) Depok, sejak 2019 sudah membuka program boarding school dengan sistem asrama 24 jam, kampus putra dan putri terpisah.

Hari ini adalah Masa aktif Tahun Ajaran Baru yang diawali dengan Silaturahmi dan Halal Bihalal 2022 yang diadakan di Masjid Primago.

Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru dimulai pada pukul 07.30 WIB - selesai. Kegiatan ini diawali dengan pemberkasan dan menaruh barang-barang bawaan, dan dilanjutkan dengan Halal Bihalal serta Silaturahmi Walisantri Primago Putra angkatan ke 4.

Kegiatan ini dimulai dengan MC ustadz Muhammad Iqbal, lalu di lanjutkan dengan bacaan ayat Suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Pimpinan Pesantren Modern Primago Al-Ustadz Awaluddin Faj, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, beliau menjelaskan Apa tujuan memondokkan anak ke Pesantren? Anak belajar di pesantren bagian dari thoifatun liyatafaqqohu fiddin, beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya, hal ini dijelaskan dalam surah At-Taubah : 122.

Ketika sudah tahu tujuan anak di pesantren, keluarga besar mendukung, dan komitmen bersama, bahwa anak bukan hanya sekedar lulus masuk pesantren tapi juga harus bertahan dan bisa sampai Lulus menjadi alumni. Kata Ustad Awal.

Beliau melanjutkan sambutannya “memasukkan anak ke pesantren jangan setengah hati, jangan setengah percaya, karena itu orang tua harus paham dan tahu betul konsep TITIP, TITIP singkatan dari TEGA IKHLAS TAWAKKAL IKHTIAR PERCAYA.

Orangtua harus memiliki rasa tega berpisah dengan anak, tega dalam arti kata berani menahan diri untuk tidak bersedih, ragu atau gundah selama anak menjalani pendidikan di Pondok Pesantren.

Dan yang paling fundamental adalah PERCAYA, Kepercayaan orangtua terhadap lembaga Pesantren merupakan salah satu modal utama pada keberhasilan anak, harus ada keyakinan diri bahwa segenap program dan sajian aktifitas yang diselenggarakan pesantren merupakan pendidikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter anak, orangtua harus memiliki kepercayaan penuh terhadap pegasuh dan pendidik pesantren serta menjalin komunikasi baik dalam proses pendidikan anak di Pondok Pesantren. Papar ustadz Awaluddin Faj.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar